Blogroll

Jumat, 10 Oktober 2014

Tutorial Vector Line Art Background Terang

http://4.bp.blogspot.com/-U8Zwy-M0zAM/UX5m7We9t7I/AAAAAAAAB5c/Kewiqs0Pj1o/s1600/tutorial+dasar+vector+line+art.jpg 

Baiklah, kali ini saya akan share tutorial sederhana, bagaimana cara membuat vector line art menggunakan coreldraw, dimana vector line art dengan background terang.

1. Buka coreldrawnya, versi berapapun boleh, kemudian klik file - import- pilih foto yang akan dijadikan vector.

 
2. Klik kanan pada foto referensi kemdian tekan Lock object
 

Lock object bertujuan untuk mengunci foto referensi agar tidak bergeser-geser saat tracing, karena kita akan melakukan tracing secara manual.
3. Setelah foto terkuncin, saatnya melakukan tracing menggunakan tool tracing manual, boleh menggunakan bazier, pen, atau yang mana yang lebih anda kuasai. Disini saya memakai bazier, karena saya lebih familiar dengan tool yang satu ini.


Sekarang kita mulai tracing foto menjadi vector, dimulai dengan bagian yang anda sukai, perlu diperhatikan, hanya bidang line yang membentuk bidang yang akan kita tracing. Pada gambar dibawah, saya memulainya dengan tracing bagian mata, lalu raut hidung, kemudian bibir.

berikut ini cara saya tracing mata 


Tracing bidang bagian kelopak mata setelah itu buat bidang bulat untuk bola matanya. Kemudian dipotong bidang lingkaran caranya

 
 
buat bidang yang memotong bagian bola mata yang berlebih, lalu klik bidang yang ditandai dengan no 3 kemudian tekan shift dan klik bidang yang ditandai no 2 setelah itu klik ikon intersect lalu hapus bidang no 3 tadi.Silahkan anda lanjutkan dengan bidang yang lain, jangan lupa selesai tracing perbidang langsung dikasih warna.

 
untuk sementara raut mata, hidung bibir sudah bisa terlihat, sekarang tambahkan bidang rambut dan bidang lainnya yang membentuk karakter, ditekankan disini, tebal tibisnya bidang linenya akan menentukan terang gelapnya object.
 
 
 
kalau sudah selesai bagian rambut, sekarang tinggal finishing, dengan menambah detail dari model, sehingga karakternya bisa jelas, dan  jangan lupa bagian rambut di kasih bidang hightlightnya. Dan hasilnya bisa anda lihat di gambar dibawah ini, yang sudah saya tambah detailnya saat finishing.


demikianlah tutorial sederhana membuat vector line art, kalau ada yang kurang paham silahkan anda tinggalkan komentar anda.Oh ya, vector line art merupakan teknik dasar dalam menggambar vector wajah, jadi untuk tutorial selanjutnya, kita akan masuk ke pewarnaan. Semoga bermanfaat.


 

0 komentar:

Posting Komentar