Blogroll

Kamis, 09 Oktober 2014

Sejarah dan Fakta Unik Apa di Yogyakarta ?

Yogyakarta adalah kota yang cukup besar dipulau jawa, walaupun kota jogja masih sering dipanggil kota Tradisional bukan berarti kota yang tidak mengikuti perkembangan zaman, jogja sering dipanggil kota tradisional karena di jogja masih melestarikan kebudayaan asli yang tradisional.

Yogyakarta juga memiliki sejarah yang cukup membanggakan dan patut diketahui, bukan hanya sejarah yang menarik perhatian tetapi di Yogyakarta ada fakta-fakta unik yang hebat.

Fakta-Fakta Unik Yogyakarta :

1. Yogyakarta, kota 100 nama

Banyak yang mengatakan “sebenarnya Yogyakarta memiliki berapa nama?” , dan Yogyakarta sering dibilang kota 1000 nama ,bagaimana tidak ada yang menyebutkan “Yogyakarta”, “Jogjakarta”, “jogja”, ”yogya”, “Djogja”,”Ngayogjokarto”, dan orang dari luar Yogyakarta sering Menyebutkan“Yojo”. Tetapi dari nama-nama tersebut memiliki arti yang sama dan memiliki tujuan yang sama, jadi terserah ingin bilang yang mana karena mempunyai tujuan dan arti yang sama.

2. Yogyakarta, kota 100 sebutan

Orang luar atau dalam Yogyakarta sering menyebutkan nama “Yogyakarta” dengan nama sesuatu yang terkenal di Yogyakarta, misalkan “Kota Gudeg”, “Kota Pelajar”, “Kota Budaya”, “Kota Seniman”, “Kota Bakpia”, “Kota Nyaman”, “Kota Makmur”, “Kota Tradisional”, dan masih banyak lagi.

3. Yogyakarta, kota 100 Tokoh Pahlawan

Yogyakarta adalah tempat kelahira para putra-putri terbaik bangsa, banyak tokoh-tokoh terkenah yang lahir dikota Yogyakarta ini, misalkan saja : Soeharto, Ibu Megawati, Amien Rais, Boediono dan masih banyak lagi.

4. Tugu Yogyakarta

Apakah yang menarik dan unik dari tugu ini? Sekilas terlihat biasa tetapi memiliki sejarah dan makna yang luar biasa, Tugu Jogja dibangun Lurus keselatan menuju ke Kraton, dan pantai selatan dan lurus keutara menuju gunung merapi seakan terdapat garis imaginer yang menghubungkannya (Gunung Merapi - Tugu Jogja - Kraton Yogya - Pantai Selatan). Tugu jogja memiliki arti dalam bahasa jawa “manunggaling kawulo gusti” yang artinya mendekatkan diri antara rakyat Jogja dengan Sang Pencipta. Merapi dan pantai Parangtritis (pantai selatan) merupakan titik pusat api dan air yang dibatasi oleh keraton sebagai pembatas antara kedianya dan Keraton juga sebagai titik keseimbangan vertikal dan horizontal.

5. Selokan Mataram

Selokan mataram adalah selokan yang menghubungkan sungai Opak dan sungai Progo (Kali Progo), selokan ini dibangun saat penjajahan Jepang. Selokan mataram memberikan berkah tersendiri bagi rakyat Indonesia karena meskipun musim kemarau rakyat Indonesia masih bias bercocok taman ,maka dari itu Yogyakarta juga disebut “kota makmur”.

Selain fakta-fakta Unik, Yogyakarta juga memiliki sejarah singkat yang patut dipelajari dan dibanggakan, berikut adalah sejarah singkat kota Yogyakarta :

Yogyakarta berasal dari dua kata yaitu “Yogya” dan “Karta” ,Kota Yogyakarta mempunyai hubungan dengan Kasultanan Yogyakarta. Pada masa penjajahan belanda Pangeran Mangkubumi memperjuangkan Kerajaan Mataram dari Penjajah belanda Belanda dengan cara yang ada walaupun cara itu mustahil dilakukan. Setelah melalui perjuangan yang panjang, pada tanggal 13 Februari 1755, Pangeran Mangkubumi yang telah bergelar Susuhunan Kabanaran menandatangani Perjanjian Giyanti atau sering disebut dengan Palihan Nagari .

Setelah ditandatangani Perjanjian Giyanti tanggal 13 Maret 1755, Sultan Hamengku Buwana I memproklamirkan berdirinya Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dengan ibukota Ngayogyakarta dan memiliki separuh dari wilayah Kerajaan Mataram.

Pembangunan ibu kota Kasultanan Yogyakarta ini membutuhkan waktu kurang lebuh satu tahun. Pada tanggal 7 Oktober 1756, maka Hari Jadi Kota Yogyakarta ditentukan pada tanggal 7 Oktober 2009 dan dikuatkan dengan Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 6 Tahun 2004.

0 komentar:

Posting Komentar